Jumat, 28 Mei 2010

500 Anak Berkebutuhan Khusus di Sleman Belum Mendapatkan Hak Pendidikan

SLEMAN- Banyak anak berkebutuhan khusus (ABK) yang selama ini belum dapat mengakses pendidikan, padahal setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Hal ini disampaikan Putut selaku Koordinator Proyek Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus saat beraudiensi dengan Wakil Bupati Sleman .
Putut mengatakan pada tahun 2009 di Provinsi DIY terdapat 2003 ABK usia sekolah yang belum mendapatkan hak pendidikan. Dari jumlah itu 500 anak diantaranya berada di Kabupaten Sleman.

” kami berharap agar Pemerintah Kabupaten Sleman dapat memberikan dukungan dan peran sertanya dalam pelaksanaan proyek Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus sebagai Kerangka Kerja Dinas Pendidikan mengenai Pendidikan Inklusi”.ungkapnya di sela – sela audensi yang berlangsung kamis pagi dipemkab sleman (1/4)

Putut menjelaskan proyek yang saat ini mereka tangani merupakan program kemitraan antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY dengan Arbeiter Samariter Bund (ASB) yang merupakan suatu organisasi sosial di Jerman. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah ABK yang mendapatkan pendidikan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan inklusi. Putut mengatakan hasil yang diharapkan dari program ini adalah terbentuknya Panitia Pengarah Pendidikan Inklusi, adanya aksesibilitas informasi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi antara Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/ Kota serta adanya peningkatan pemahaman dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota terkait dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi. Program berdurasi 20 bulan yang dimuali dari Januari 2010 ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2015 tentang kenaikan 30% ABK yang mengakses pendidikan.

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Sri Purnomo, menyambut baik dan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman siap untuk mendukung program tersebut. Pemkab Sleman berharap program ini sebagai langkah awal agar anak-anak berkebutuhan khusus bisa lebih mendapatkan perhatian sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan seluas-luasnya kesempatan kepada mereka terutama untuk memperoleh pendidikan.


Sumber (http://www.globalfmjogja.com/GLOBAL-NEWS/500-anak-berkebutuhan-khusus-di-sleman-belum-mendapat-hak-pendidikan.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar